Skip to main content

Download Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) dan Project Area ZPPI (.shp)


Bismillahirrohmanirrohiim...
Assalamualaikum... Welcome to my blog, pada kesempatan kali ini saya mau share tentang peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) dan Project Area ZPPI (PA ZPPI). Biasanya dalam pembuatan peta kita sering membutuhkan peta insert yaitu peta yang menggambarkan dimana lokasi peta kita dalam di suatu wilayah tertentu. Ketika saya semester 5 saya mencari2 peta RBI untuk insert peta namun belum dapat. Nah, sewaktu saya magang di PUSFATJA LAPAN tentang Suhu Permukaan Laut (SPL) kemudian saya dikasih peta RBI ini oleh LAPAN secara free, Alhamdulillah rejeki anak sholeh, Aamiin. Makanya, kali ini saya mau berbagi buat siapa saja yang membutuhkannya. Hehe, mudahan bisa bermanfaat. Sebenarnya peta RBI juga bisa di download dengan gratis di website BIG Bakosurtanal dengan alamat (portal.ina-sdi.or.id), tapi sebelum download disana kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Silahkan kalo mau coba download, saya sendiri belum pernah coba. Hehe. Selanjutnya adalah Project Area (PA) atau wilayah pengelolaan perikanan yang terbagi atas beberapa wilayah di indonesia. Petanya dapat Anda lihat dibawah ini.

Pada tahun 2012 ditetapkan bahwa lokasi Project Area berjumlah 24 yang mencakup seluruh wilayah Indonesia. Project Area ini memiliki ukuran yang sama yaitu 6° Lintang x 7° Bujur. Pada tahun 2012 juga sudah mencantumkan informasi batas Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP). Dengan adanya Project Area ini sangat bermanfaat untuk membuat perencanaan pengelolaan sumberdaya laut yang berkelanjutan oleh masing2 wilayah Indonesia.

Bagi anda yang ingin mendownload peta RBI dan Project Area ZPPI silahkan tulis alamat email di komentar postingan ini, kemudian akan saya kirimkan link untuk mendownload peta tersebut ke email anda.

Untuk menjalin silaturrahmi, ini akun medsos saya:

BBM: 586C39E0

WA: +6282227056500

Facebook: Aziz Mukhsin

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

Alhamdulillah. Wassalamualaikum wr wb.

Comments

  1. PA10 dan PA11
    idnefeocke@gmail.com

    ReplyDelete
  2. bermanfaat banget nih, kebetulan saya lagi butuh peta RBI dan ZPPi. bisa tolong kirim ke email saya? ratnaa1234@gmail.com
    thanks

    ReplyDelete
  3. Mas @Eko Effendi, Sudah Saya Kirimkan Ke Email, Monggo dicek...
    Mba @Ratna Sari, Insya Allah Mba...

    ReplyDelete
  4. hai mas, thanks beraaaat.
    pas banget saya lagi butuh nih.
    mohon bantuannya ya,

    jabarismaulana@gmail.com

    ReplyDelete
  5. kang AZIZ MUKHSIN ini sangat bermandaat bagi saya untuk tugas saya kang , peta RBI nya saja kang , hatur nuhun ini email saya kang
    abangdwiagain@gmail.com

    ReplyDelete
  6. menarik sekali kang ulasannya, boleh minta peta RBI nya, saya lagi membutuhkan buat seminar penelitian, ini alamat email saya
    miftahmuhamad24@gmail.com
    hatur nuhun

    ReplyDelete
  7. Abang Dwi : sudah saya kirim kang...
    Muhamad Miftahudin : Iya kang, saya sudah kirim ke email... silahkan di cek...

    ReplyDelete
  8. Kang Aziz, Sangat bermanfaat infonya.boleh saya minta peta RBI dan ZPPI nya. Sangat tengah membutuhkan untuk membuat tugas yang belum kelar.

    Terima kasih banyak sebelumnya.
    bisa dikirimkan ke :
    nurhidayat.moenir@hotmail.com

    ReplyDelete
  9. ini alamat email saya mastertommy25@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  10. ilyaspayah@gmail.com
    sblumnya, makasih banyak ^^

    ReplyDelete
  11. Menarik informasinya, mohon untuk dapat emailkan link untuk download nya ke email : suhanaipb@gmail.com

    Terima kasih

    Suhana

    ReplyDelete
  12. Sudah terkirim ke email Anda, silahkan Anda Cek.

    ReplyDelete
  13. mas alamat email saya novandadies@gmail.com buat tugas matkul SIG, terimakasih

    ReplyDelete
  14. melitrianadevi@gmail.com
    mohon dikirimkan ke email,
    terima kasih banyak infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok... Sudah saya kirim... Semoga bisa bermanfaat.

      Delete
  15. Mas, boleh minta tolong kirim ke email saya juga: annankarua@gmail.com untuk peta RBI. Nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas... Sudah saya kirim, Semoga bisa bermanfaat..

      Delete
  16. hariyanthi17@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  17. m.miftahulhuda1610@gmail.com
    trimakasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas minta tlong dong yang sudah punya linknya bsa d kirim ke email saya
      syadi7336@gmail.com

      Delete
  18. boleh RBI nya ke saptalahal@gmail.com gak mas? hehehe. makasih

    ReplyDelete
  19. terima kasih infonya
    bisa saya dikirimkan peta RBI untuk kode 20
    ini alamat email saya firmansyah.putra89@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Terimakasih Infonya
    Ini alamat email saya mohondikirimkan linknya
    febri992000@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Mas ini email saya iniawalnya@gmail.com . Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  22. terimakasih infonya mas.. ini email saya : irman.btic@gmail.com..mohon dikirim link-nya mas.terimakasih

    ReplyDelete
  23. terima kasih infonya mas, ini email saya : helmin43@gmail.com
    saya sangat membutuhkan peta RBI dan ZPPI

    ReplyDelete
  24. Silahkan cek email, link untuk download sudah saya kirimkan.
    Maaf baru saya kirim karena baru pulang dari kampung.
    semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  25. terimakasih infonya mas. saya juga minta tolong dikirimkan mas. ini email saya mas.. suryageologinya05@gmail.com

    ReplyDelete
  26. Terima kasih infonya, minta tolong dikirimkan mas ini email saya r4nreix@gmail.com
    Bermanfaat sekali postingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, sudah aku kirim ke e-mail...
      Silahkan check aja mas...
      Terima kasih telah berkunjung ke blog kami.

      Delete
  27. gan tolong ya peta RBI saya sangat memerlukan peta PA 13 tanjung pelayar.. untuk skripsi saya gan sangat membuthkan.. terimakasih
    febri.herwano@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan sudah aku kirim via e-mail, silahkan check email aja gan.
      terima kaasih.

      Delete
  28. gan, tolong ya mohon bantuannya untuk tugas akhir kuliah saya hehehhe, terima kasih
    bdjabar@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan sudah aku kirim via e-mail, silahkan check email aja gan.
      terima kaasih.

      Delete
  29. Mas.. mohon bantuan nya ya mas.. ini email saya udanipon@gmail.com
    Makasih banyak mas, semoga kebaikannya jadi amal ibadah..amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon bantuan datanya peta rbi 1:25000 nya mas,tks banyak...email : eddykurniadi65@gmail.com

      Delete
    2. Sudah saya kirim email bang Eddy kurniadi eddykurniadi65@gmail.com dan bang udanipon@gmail.com...
      Silakan di periksa emailnya.
      Semoga bisa bermanfaat.

      Delete
    3. Sudah saya kirim email bang Eddy kurniadi eddykurniadi65@gmail.com dan bang udanipon@gmail.com...
      Silakan di periksa emailnya.
      Semoga bisa bermanfaat.

      Delete
  30. mohon bantuannya buat skripsi mas, untuk peta RBI 1:25.000. email: dimas.allan@gmail.com
    terimasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  31. thanks postingannya,
    mohon peta RBI nya dan PA ZPPI / WPP
    bakersava@gmail.com

    ReplyDelete
  32. email saya
    home.syaifuddin@gmail.com
    terma kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  33. damarnurcahyo@gmail.com mohon bantuan donk peta RBI kabupaten kotawaringin timur buat tugas kuliah,terimakasih

    ReplyDelete
  34. pa14 dan pa20
    arifeko.wibawanto@gmail.com

    ReplyDelete
  35. mohon peta RBI nya mas buat skripsi. terimakasih sebelumnya. ini email saya irmafadhilla@gmail.com

    ReplyDelete
  36. ach.fauzi24@gmail.com
    tolong mas untuk skripsi saya, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  37. Mas, saya mohon peta RBI-nya. thankx

    ReplyDelete
  38. Mas,mohon linknya utk peta rbi (didiek@hotmail.com)...terima kasih

    ReplyDelete
  39. Sangat bermanfaat kang... peta RBI PA 11 dan Pa 12 utk penelitian
    ntoratno@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas... Sudah saya kirimkan ke Email, tolong di check maaf kalo lama...

      Delete
  40. mohon peta rbi mas, untuk peneliatn saya. arkowijanarko92@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas... Sudah saya kirimkan ke Email, tolong di check maaf kalo lama...

      Delete
  41. Mohon peta RBI nya Mas Email saya dabith.alfian.s@gmail.com

    Terima kasih..

    ReplyDelete
  42. mkum mas bro...punten, kbetulan saya butuh download link peta utk daerah ciwidey kab. bandung, bisa tolong share link nya, bisa di email ke : arjunabandung03@gmail.com matur tengkyu

    ReplyDelete
  43. selamat siang mas, saya ingin mendapatkan datanya juga mas, untuk keperluan penelitian mas.. jika boleh,, bisa dikirim ke alas ini saja mas yuriswanwahyunal@gmail.com

    ReplyDelete
  44. selamat malam mas, saya ingin mendapatkan datanya peta RBI nya mas, untuk keperluan tugas akhir penelitian, jika berkenan, ini alamat email saya mas alwin_batuara@yahoo.co.id terima kasih banyak mas..

    ReplyDelete
  45. Dadanma1@gmail.com punten kang ngenggu waktu sore na... saya lagi ada penelitian untuk amdal dan saya perlu peta rbi di wilayah pangalengan tepanya hutan lingdung.

    ReplyDelete
  46. mas ada peta rbi lembar bagelen?
    ray_rayto@yahoo.com

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum. Wr. Wb
    Mas saya dari mahasiswa universitas muhammadiyah Surakarta butuh peta Kabupaten Tegal.. Mohon bantuannya mas
    Dwiajisasmita98@gmail.com
    Terima kasih
    Wassalamualaikum. Wr. Wb

    ReplyDelete
  48. Sudah saya kirim mas Dwi Aji S dan mas Wahyu...

    ReplyDelete
  49. bayu.sabrine@gmail.com
    mohon bantuan filenya. Terima kasih

    ReplyDelete
  50. mohon bantuannya untuk pengerjaaan tugas
    joshuabumble18@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  51. Bismillah, mas linknya bisa kirim ke pecethea@yahoo.com. Salam ukhuwah, jazakumullahu khaeran.

    ReplyDelete
  52. boleh pak minta link nya ke rouf83@gmail.com
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  53. sangat amat membantu sekali pak
    mohon dikirim PA16 dan PA24 dan RBI 3413, 3412,3411,3313
    anggaxkusuma@gmail.com terimakasih banyak

    ReplyDelete
  54. Mohon dikirim ya pak untuk PA11
    email irfanfauzanpratama@gmail.com

    ReplyDelete
  55. bang, sy jg lgi butuh peta RBI seluruh indonesia. tlg dikirim diemail ini yah rusty.ds@yahoo.com

    ReplyDelete
  56. Terimak Kasih mas
    syaidil93@gmail.com

    ReplyDelete
  57. mohon bantuannya
    marwanto900@gmail.com

    ReplyDelete
  58. saya membutuhkan peta wpp Indonesia, mohon dikirim ke b.gunadharma@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  59. mas permisi bisa minta filenya, ini email saya rifat.nitro@gmail.com
    terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  60. selamat siang,
    mas saya bisa minta peta RBI skala 1:25000 untuk indeks nomor 10? mohon dikirimkan ke email saya silviaardianti95@gmail.com

    mohon bantuannya,
    terimakasih

    ReplyDelete
  61. Mas Azis Mukhsin... maaf mau tanya, kalau peta RBI untuk Provinsi Maluku utara ada nggak?... kalau ada saya sangat membutuhkan. alamat email saya : yudhi.rasyid@yahoo.com

    Terima kasih banyak Mas Azis...

    ReplyDelete
  62. sangat bermanfaat mas.. kiranya dapat dibantu mas untuk peta rbi wilayah sulawesi dan kalimantan

    terima kasih sebelusnnya

    ReplyDelete
  63. mrnurkhalis@gmail.com
    mhon dikirim peta rbi bang...terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  64. mrnurkhalis@gmail.com
    mhon dikirim peta rbi bang...terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  65. candra05061973@gmail.com
    mohon kirim peta RBI 4 dan 12
    terimakasih atas bantuan

    ReplyDelete
  66. dodip.sitorus23041996@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Mas saya berminat dengan petanya, untuk Sumatera barat dan Sumatera Selatan emailnya deskasevenson@gmail.com

    ReplyDelete
  68. PA020 mas
    bima_sidoarjo@yahoo.com

    ReplyDelete
  69. Mas Azis, harap di kirim link download ke email abrarpra@gmail.com

    Matur nuwun
    Abrar

    ReplyDelete
  70. Mohon dikirimkan alamat download RBI nya ke alamat email ini mas,

    blackmarlin87@gmail.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  71. Mauritius_at_lamak@yahoo.com
    Makasih Mas

    ReplyDelete
  72. Mas mohon di emailkan ke kamajaya76@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
  73. apakah peta rbi kutoarjo tersedia?
    jika ada, mohon emailkan ke alamat ini
    elinirhamna@gmail.com

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  74. PA 14 - PA 15

    Terimakasih,
    tisnohari2012@gmail.com

    ReplyDelete
  75. Mohon dikirim link untuk download peta RBI ke ekamiranda78@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  76. mas bisa minta linknya
    nurulhuda141@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  77. Mas saya mau juga dong peta RBI nya.
    ini email saya triwahyudithejava@yahoo.com

    ReplyDelete
  78. mas mau dong peta dan wpp nya..
    syadi7336@gmail.com

    ReplyDelete
  79. Assalamuallaikum mas, bisa minta tolong dikirimin petanya mas untuk daerah sulawesi tengah lengkap.

    ReplyDelete
  80. Aslamadam13@gmail.com kirim disini mas

    ReplyDelete
  81. Assalamualaikum
    saya mahasiswa FPIK IPB minta bantuan untuk kirim file nya bang atass bantuannya saya ucapkan terima kasih

    gilbert.huta@gmail.com

    ReplyDelete
  82. Rachmat Hidayat15 May 2019 at 04:31

    Assalamualaikum, Perkenalkan saya rachmat hidayat, mahasiswa Ilmu Perikanan Universitas Hasanuddin. Mohon bantuannya pak untuk shp wilayah pengelolaan perikanan indonesia, terima kasih

    email : rh191993@gmail.com

    ReplyDelete
  83. ical306@gmail.com mohon kirim juga pak terimakasih

    ReplyDelete
  84. jongkitube@gmail.com
    mau dong, mudah-mudahan ada wpp 712 nya
    terima kasih....

    ReplyDelete
  85. tasyamarhanatbn@gmail.com
    Terimakasih...

    ReplyDelete
  86. peta RBI dan Zona WPP saminsurosentiko93@gmail.com
    Terimakasih...

    ReplyDelete
  87. bisa tolong dikirimkan ke promkes.aceh@gmail.com. terima kasih sebelumnya ya. Salam

    ReplyDelete
  88. Hallo kak, informasi blog nya bagus. Mohon izin kak untuk meminta .shp WPP Indonesia kak. Berikut email saya, farianda.rega@gmail.com

    ReplyDelete
  89. Assalamu'alaikum kak, sangat bermanfaat informasinya. Mohon izin untuk meminta file .shp WPP Indonesia kak.. Berikut adalah email saya: putrabaguspanjip@gmail.com. Terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  90. malam kak, informasinya sangat bermanfaat. mohon izin meminta file .shp seluruh pulau Sumatra dan sekitarnya RBI skala 25K. email saya ilhamlamongan2@gmail.com terima kasih kak.

    ReplyDelete
  91. assalamualaikum mas azis saya baca blog nya, kebetulan besok saya FGD pengelolaan tata ruang laut apa masih boleh minta RBI dan PA ZPPI nya

    alamat email kami yg khusus utk data

    kotakan76@gmail.com

    ReplyDelete
  92. assalamualaikum mas azis, saya baca blog mas, dan saya perlu shp wpp 712 untuk kepentingan zppi untuk skripsi. terima kasih mas. emailnya balqis.alzahra11@gmail.com makasih mas

    ReplyDelete
  93. Assalamualaikum mas, saya baca blog mas dan saya perlu shp wpp 712 untuk kepentingan zppi untuk skripsi. terimakasih mas . emailnya ginaazhariana7@gmail.com

    ReplyDelete
  94. apakah web ini masih aktiv ? masih kah memilliki 11 wppnri, terimakasih nugrahaomahproject@gmail.com

    ReplyDelete
  95. Assalamualaikum kak, saya membaca blog kakak, mohon maaf kaka disini saya membutuhkan shapefile wpp572, berikut saya lampirkan email saya kak:
    sitirohani20052000@gmail.com
    Mohon bantuannya kak, terimakasih kak 🙏

    ReplyDelete
  96. Assalamualaikum kak, saya telah membaca blog kakak ini dan saya membutuhkan shapefile batas WPP RI seluruhnya, berikut saya lampirkan email saya kak:
    tkanaya1905@gmail.com
    Mohon bantuannya yaa kak, terima kasih

    ReplyDelete
  97. ini alamat email saya: lidiawiuwiu@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  98. bang ini alamat email saya: sunanfrys@gmail.com
    Terimaksih banyak bang sukses terus

    ReplyDelete
  99. Assalamualaikum kak, saya telah membaca blog kakak ini dan saya membutuhkan shapefile batas WPP RI seluruhnya, berikut saya lampirkan email saya kak:
    potensikerawanan@gmail.com
    Mohon bantuannya yaa kak, terima kasih

    ReplyDelete
  100. Halo, apakah website ini masih aktif? Saya butuh data shp ini untuk keperluan skripsi saya.
    Ini email saya akhaling@ucsc.edu
    Terima kasih banyak, semoga sehat selalu dan terus dalam kebaikan!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

11 Instansi Pemerintah yang Menerima Magang Mahasiswa Perikanan dan Kelautan

Assalamualaikum Kerja praktek adalah salah satu rangkaian dari tugas akhir (TA), kerja praktek ini biasa dilakukan pada mahasiswa semester 5 ke atas, khususnya untuk mahasiswa eksakta seperti perikanan dan kelautan kerja praktek adalah prasyarat untuk mengambil seminar penelitian dan skripsi. Berikut 11 instansi-instansi pemerintah yang menerima mahasiswa perikanan dan kelautan untuk magang, kerja praktek dan penelitian. Bidang Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) 1. Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (PUSFATJA LAPAN) Tema: 1. Pesisir dan Laut (Pulau Kecil Terluar, Mangrove dan Terumbu Karang), 2. Perikanan (Zona Potensial Penangkapan Ikan, Suhu Permukaan Laut, Klorofil-a). Alamat: Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021)8722733 Website: http://pusfatja.lapan.go.id/ 2. Balai Penelitian dan Observasi Laut (BPOL) Tema: 1. Pasang Surut, 2. Suhu Permukaan laut, 3. Peta Daerah penangkapan Ik

Membuat Peta Lokasi Penelitian Menggunakan ArcGis 10

Assalamualaikum... Setelah melihat beberapa kali seminar proposal, ada satu hal yang membuat saya merasa ada sesuatu yang kurang dari proposal penelitian-penelitian itu, padahal saya belum seminar proposal. hehe. Langsung saja ya, sebenarnya sesuatu yang sederhana yaitu PETA LOKASI PENELITIAN... Peta yang dibuat dan digunakan pada proposal penelitian menurut saya belum standar, KENAPA ? Karena syarat-syarat peta di Proposal Penelitian tersebut tidak terpenuhi, contohnya tidak ada arah mata angin, keterangan titik penelitian, graticul dan lain lain... contoh petanya kaya gini. PETA LOKASI PENELITIAN     Dari contoh gambar diatas, kemudian pasti kita akan bertanya-tanya, contoh pertanyaan yang simple saja lah, lokasi penelitiannya pada derajat berapa ya ? hehe...  Nah, maka dari itu kemudian saya tertarik untuk menulis tentang Cara Membuat Peta Lokasi Penelitian Menggunakan ArcGis. Tulisan saya kali ini, InsyaAllah akan lebih ke Tutorial bagaimana cara pembuatan

Rantai Makanan pada Ekosistem Terumbu Karang

PENDAHULUAN Konsep ekosistem merupakan suatu konsep yang kompleks, karena di dalamnya terjadi hubungan timbal balik dan saling ketergantungan antara komponen-komponen penyusunnya, yang membentuk hubungan fungsional dan tidak dapat dipisahkan. Di dalam sebuah ekosistem terjadi transfer energi antara komponennya yang bersumber dari sinar matahari melalui proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan hijau berklorofil. Makhluk hidup lain yang tidak memiliki kemampuan berfotosintesis, menggunakan energi matahari dengan cara mengkonsumsi produsen (organisme yang dapat melakukan fotosintesis) dan begitu selanjutnya sehingga terbentuk suatu rantai makana. Terumbu karang (coral reef) merupakan ekosistem yang khas terdapat di daerah tropis. Ekosistem ini memiliki produktivitas organic yang sangat tinggi (Burke et al, 2002). Demikian pula dengan keanekaragaman biota yang ada didalamnya. Di tengah samudra yang miskin bisa terdapat pulau karang yang produktif hingga kadang-kadang terumbu ka