Skip to main content

Ikan Matahari Itu Namanya Mola Mola

Seekor ikan aneh telah ditemukan di dekat permukaan laut, dengan mata bulat, badan ramping dan sirip kecil, ikan itu adalah mola mola(sunfish), ikan yang tidak biasa terlihat di laut Kalifornia. Seorang fotografer berpengalaman yaitu Daniel Botelho telah mengabadikan foto ikan ajaib itu. Ketika di-foto ikan pemalu itu terlihat melakukan pose yang menarik. Foto ikan raksasa itu diambil di San Diego, Kalifornia, Ikan yang dapat tumbuh hingga 4 meter itu hidup di perairan dalam dan sangat jarang terlihat. Sejak lama, Mr Botelho telah tertarik untuk mengabadikan gambar ikan unik itu, meskipun Ikan Sunfish itu memiliki tubuh yang besar dan menakutkan, namun saat itu Mr Botelho menemukan Sunfish yang bersahabat dan berani bahkan selalu mengikuti Mr Botelho sampai ke Speed Boat seperti hewan kesayangan.
Ikan raksasa tersebut menghabiskan waktu seluruh hidupnya di perairan dalam namun pada saat itu ikan Mola mola naik ke permukaan perairan untuk membersihkan badannya. Badannya dibersihkan oleh ikan-ikan lain dan burung.
Berikut informasi tentang Mola mola :
Sunfish atau Mola mola adalah ikan bonyfish terberat di dunia, beratnya dapat mencapai 2000 pon – 5000 pon, panjangnya dapat mencapai 14 ft panjang dan 10 ft lebar. Pertumbuhan Sunfish itu pada bahunya, badannya berbentuk seperti pelor peluru, mereka lahir dengan sirip belakang namun siripnya tidak tumbuh justru melipat ke badannya. Mola-mola dalam bahasa latin yaitu ‘millstone’ dan dikenal Sunfish karena bentuknya yang circular. Mereka memiliki kulit silver dan tekstur kulitnya kasar.
Mereka di temukan pada laut temperal dan tropis seluruh dunia, dan sering salah disebut hiu ketika sirip punggungnya (dorsal fin) naik keatas air. Gigi mereka menyatu seperti paruh dan mereka tidak dapat menutup mulut kecil mereka dengan sangat rapat.
  
  
Begitulah keindahan hewan-hewan laut, kadang kita terlalu memperhatikan apa yang ada di darat, namun jarang sekali memperhatikan laut, semoga kedepannya kita lebih cinta lagi dengan laut. :)
Jika informasi ini bermanfaat berikan saran dan kritikannya ya, pada kolom komentar dibawah. Thank you.

Comments

Popular posts from this blog

11 Instansi Pemerintah yang Menerima Magang Mahasiswa Perikanan dan Kelautan

Assalamualaikum Kerja praktek adalah salah satu rangkaian dari tugas akhir (TA), kerja praktek ini biasa dilakukan pada mahasiswa semester 5 ke atas, khususnya untuk mahasiswa eksakta seperti perikanan dan kelautan kerja praktek adalah prasyarat untuk mengambil seminar penelitian dan skripsi. Berikut 11 instansi-instansi pemerintah yang menerima mahasiswa perikanan dan kelautan untuk magang, kerja praktek dan penelitian. Bidang Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) 1. Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (PUSFATJA LAPAN) Tema: 1. Pesisir dan Laut (Pulau Kecil Terluar, Mangrove dan Terumbu Karang), 2. Perikanan (Zona Potensial Penangkapan Ikan, Suhu Permukaan Laut, Klorofil-a). Alamat: Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021)8722733 Website: http://pusfatja.lapan.go.id/ 2. Balai Penelitian dan Observasi Laut (BPOL) Tema: 1. Pasang Surut, 2. Suhu Permukaan laut, 3. Peta Daerah penangkapan Ik

Membuat Peta Lokasi Penelitian Menggunakan ArcGis 10

Assalamualaikum... Setelah melihat beberapa kali seminar proposal, ada satu hal yang membuat saya merasa ada sesuatu yang kurang dari proposal penelitian-penelitian itu, padahal saya belum seminar proposal. hehe. Langsung saja ya, sebenarnya sesuatu yang sederhana yaitu PETA LOKASI PENELITIAN... Peta yang dibuat dan digunakan pada proposal penelitian menurut saya belum standar, KENAPA ? Karena syarat-syarat peta di Proposal Penelitian tersebut tidak terpenuhi, contohnya tidak ada arah mata angin, keterangan titik penelitian, graticul dan lain lain... contoh petanya kaya gini. PETA LOKASI PENELITIAN     Dari contoh gambar diatas, kemudian pasti kita akan bertanya-tanya, contoh pertanyaan yang simple saja lah, lokasi penelitiannya pada derajat berapa ya ? hehe...  Nah, maka dari itu kemudian saya tertarik untuk menulis tentang Cara Membuat Peta Lokasi Penelitian Menggunakan ArcGis. Tulisan saya kali ini, InsyaAllah akan lebih ke Tutorial bagaimana cara pembuatan

Rantai Makanan pada Ekosistem Terumbu Karang

PENDAHULUAN Konsep ekosistem merupakan suatu konsep yang kompleks, karena di dalamnya terjadi hubungan timbal balik dan saling ketergantungan antara komponen-komponen penyusunnya, yang membentuk hubungan fungsional dan tidak dapat dipisahkan. Di dalam sebuah ekosistem terjadi transfer energi antara komponennya yang bersumber dari sinar matahari melalui proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan hijau berklorofil. Makhluk hidup lain yang tidak memiliki kemampuan berfotosintesis, menggunakan energi matahari dengan cara mengkonsumsi produsen (organisme yang dapat melakukan fotosintesis) dan begitu selanjutnya sehingga terbentuk suatu rantai makana. Terumbu karang (coral reef) merupakan ekosistem yang khas terdapat di daerah tropis. Ekosistem ini memiliki produktivitas organic yang sangat tinggi (Burke et al, 2002). Demikian pula dengan keanekaragaman biota yang ada didalamnya. Di tengah samudra yang miskin bisa terdapat pulau karang yang produktif hingga kadang-kadang terumbu ka