Skip to main content

Unduh (free) Citra MODIS dari Website LAPAN

Citra satelit Modis adalah citra satelit yang dapat merekam fenomena oseanografi di laut seperti sebaran suhu permukaan laut dan konsentrasi klorofil-a. Citra MODIS ini adalah aplikasi penginderaan jarak jauh yang dapat membantu para ilmuan atau mahasiswa menganalisa faktor oseanografi baik secara temporal ataupun spasial lebih efisien karena memiliki skala luas dan dapat didownload dengan biaya yang hemat menggunakan aplikasi sistem informasi geografis.

Bayangkan !!!

Seorang mahasiswa ingin meneliti sebaran suhu permukaan laut di laut A menggunakan alat termometer, awalnya mampu mengukur di pesisir, untuk bisa mengetahui sebaran SPL dalam skala lebih luas lagi, kemudian menggunakan bantuan kapal, hasilnya memang lebih luas. Namun ternyata Ia mulai menyadari bahwa laut itu SANGAT LUAS. Untuk mengetahui sebaran suhu permukaan laut dengan luasan lebih besar lagi sangat tidak efektif jika masih menggunakan termometer dengan bantuan kapal, setuju ?

Karena waktu yang dibutuhkan untuk mengukur daerah A dengan skala lebih luas akan lebih lama lagi, setuju ?

Biaya menyewa kapal dan bahan bakarnya dapat dipastikan lebih dalam merogoh kantong mahasiswa tersebut, setuju ?

Hasilnya pun belum tentu valid dan sangat mungkin faktor kesalahan user selalu ada, iya kan ? Lalu, Seberapa efisienkah pengukuran menggunakan termometer dengan bantuan kapal dibandingkan menggunakan perekaman citra satelit ???

Renungkan dan pilihlah yang lebih efisien !

Melihat hal demikian itulah pada artikel ini, izinkan saya membagikan dan menjelaskan bagaimana caranya agar Anda dapat memperoleh atau mengunduh data citra MODIS tersebut secara gratis, harapan saya artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda atau siapapun yang sedang membutuhkan.

Silahkan perhatikan dan praktekkan langkah-langkah berikut.

1. Membuka Website LAPAN (www.LAPAN.go.id).



2. Pilih dan Klik pada kolom kompetensi utama >> Penginderaan Jauh >> Klik Katalog Data Modis.



3. Klik LOGIN.



4. Masukkan username dan password Anda, jika belum punya maka mendaftar terlebih dahulu. Setelah LOGIN Klik Katalog MODIS lagi.



5. Pilihlah data citra modis yang anda butuhkan.

Pilihan Setellite : Aqua/Terra.
Level : Level 2.
Sesuaikan Tanggal Pencarian sesuai kebutuhan Anda.
Klik > Cari.


7. Pilih a1.15336.0446.seadas.hdf dan a1.15336.0446.mod35.hdf
Keterangan :
A1: Aqua
15336: Tahun dan Julian date
0446: Waktu perekaman UTC, oleh karena itu wilayah Indonesia ditambah +7.
Seadas: Citra Aqua Level 2
Mod35: Citra untuk koreksi atmosferik.


8. Klik > Download, simpan berkas > OK.
9. Setelah file selesai di unduh, kemudian gantilah type file menjadi .hdf



10. Finish.

Comments

Popular posts from this blog

11 Instansi Pemerintah yang Menerima Magang Mahasiswa Perikanan dan Kelautan

Assalamualaikum Kerja praktek adalah salah satu rangkaian dari tugas akhir (TA), kerja praktek ini biasa dilakukan pada mahasiswa semester 5 ke atas, khususnya untuk mahasiswa eksakta seperti perikanan dan kelautan kerja praktek adalah prasyarat untuk mengambil seminar penelitian dan skripsi. Berikut 11 instansi-instansi pemerintah yang menerima mahasiswa perikanan dan kelautan untuk magang, kerja praktek dan penelitian. Bidang Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) 1. Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (PUSFATJA LAPAN) Tema: 1. Pesisir dan Laut (Pulau Kecil Terluar, Mangrove dan Terumbu Karang), 2. Perikanan (Zona Potensial Penangkapan Ikan, Suhu Permukaan Laut, Klorofil-a). Alamat: Jl. Kalisari No. 8, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta 13710 Telp. (021) 8710065 Fax. (021)8722733 Website: http://pusfatja.lapan.go.id/ 2. Balai Penelitian dan Observasi Laut (BPOL) Tema: 1. Pasang Surut, 2. Suhu Permukaan laut, 3. Peta Daerah penangkapan Ik

Membuat Peta Lokasi Penelitian Menggunakan ArcGis 10

Assalamualaikum... Setelah melihat beberapa kali seminar proposal, ada satu hal yang membuat saya merasa ada sesuatu yang kurang dari proposal penelitian-penelitian itu, padahal saya belum seminar proposal. hehe. Langsung saja ya, sebenarnya sesuatu yang sederhana yaitu PETA LOKASI PENELITIAN... Peta yang dibuat dan digunakan pada proposal penelitian menurut saya belum standar, KENAPA ? Karena syarat-syarat peta di Proposal Penelitian tersebut tidak terpenuhi, contohnya tidak ada arah mata angin, keterangan titik penelitian, graticul dan lain lain... contoh petanya kaya gini. PETA LOKASI PENELITIAN     Dari contoh gambar diatas, kemudian pasti kita akan bertanya-tanya, contoh pertanyaan yang simple saja lah, lokasi penelitiannya pada derajat berapa ya ? hehe...  Nah, maka dari itu kemudian saya tertarik untuk menulis tentang Cara Membuat Peta Lokasi Penelitian Menggunakan ArcGis. Tulisan saya kali ini, InsyaAllah akan lebih ke Tutorial bagaimana cara pembuatan

Rantai Makanan pada Ekosistem Terumbu Karang

PENDAHULUAN Konsep ekosistem merupakan suatu konsep yang kompleks, karena di dalamnya terjadi hubungan timbal balik dan saling ketergantungan antara komponen-komponen penyusunnya, yang membentuk hubungan fungsional dan tidak dapat dipisahkan. Di dalam sebuah ekosistem terjadi transfer energi antara komponennya yang bersumber dari sinar matahari melalui proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan hijau berklorofil. Makhluk hidup lain yang tidak memiliki kemampuan berfotosintesis, menggunakan energi matahari dengan cara mengkonsumsi produsen (organisme yang dapat melakukan fotosintesis) dan begitu selanjutnya sehingga terbentuk suatu rantai makana. Terumbu karang (coral reef) merupakan ekosistem yang khas terdapat di daerah tropis. Ekosistem ini memiliki produktivitas organic yang sangat tinggi (Burke et al, 2002). Demikian pula dengan keanekaragaman biota yang ada didalamnya. Di tengah samudra yang miskin bisa terdapat pulau karang yang produktif hingga kadang-kadang terumbu ka